Home » » Potensi Ekonomi Kreatif Indonesia

Potensi Ekonomi Kreatif Indonesia

Written By LPM Industria on Rabu, 01 Januari 2014 | 04.11



Sejatinya suatu kreativitas akan mampu mempengaruhi suatu perubahan yang sangat cepat. Dengan perubahan tersebut, perkembangan ekonomi kreatif pun ikut berpengaruh. Untuk itu, daya cipta dalam menghasilkan suatu produk kreatif akan sangat berguna bagi kehidupan bangsa ini.

( Lpm-Industria Sarah Octavia)

Di era globalisasi saat ini, salah satu indikator daya saing sebuah negara ditentukan oleh kemampuan ekonomi kreatif negara tersebut. Oleh sebab itu, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam membangun perekonomian di Indonesia. Suatu kreativitas yang tercipta bergantung pada kemampuan dan pengetahuan luas karena dapat bernilai ekonomi lebih. Hal ini disertai dengan dukungan pemerintah seperti diselenggarakannya Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang merupakan salah satu ajang unjuk gigi bagi para kreator Indonesia. 

Saat ini perkembangan ekonomi kreatif Indonesia menekankan pada 15 subsektor industri kreatif nasional. Dengan menyumbang 7% terhadap perekonomian di Indonesia dan pertumbuhannya juga diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu menunjukan bahwa industri kreatif Indonesia tidak berpengaruh terhadap perlambatan perekonomian global, karena yang menjadi suatu andalan adalah pasar dalam negeri itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa  perkembangan produk kreatif Indonesia cukup baik.

Kemungkinan kedepannya, para kreator akan didominasi oleh anak-anak muda. Hal ini dilihat dari banyaknya para kreator muda yang ikut berpartisipasi dalam event PPKI.  Dengan teknologi yang sangat mendukung memudahkan anak-anak muda untuk menciptakan suatu inovasi terbaru.  “Suatu kreativitas sulit untuk dicuri atau ditiru apalagi dengan warisan budaya yang menjadi basis dari kreativitas kita,” tutur Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Adanya perpaduan antara warisan budaya bangsa Indonesia dengan ide-ide yang bermunculan menciptakan anak-anak muda yang kreatif.  

Walaupun perkembangan produk kreatif Indonesia terbilang cukup baik, Indonesia belum mampu bersaing dalam industri ekonomi kreatif global. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan dan menggali lebih dalam lagi daya kreativitas masing-masing individu. Hal ini tentunya menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi kita yaitu meningkatkan daya saing baik dari segi sumber daya manusia maupun industrinya. Jika semua itu sudah terlaksana dengan baik, hal ini tentunya dapat meningkatkan daya saing produk  Indonesia hingga menembus pasar global. 
Share this article :
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Modifikasi Oleh Tri Andriano
Copyright © 2013. LPM Industria Official Website - All Rights Reserved

Dipersembahkan Untuk Lembaga Pers Mahasiswa Industria